Radio Islami Suara Al-Iman Surabaya, radio dakwah Islam Ahli Sunnah wal Jama'ah, disiarkan secara on-air dengan jangkauan hampir seluruh Jawa Timur dan siaran online streaming melalui Internet.
Home / Tema / Adab & Fikih / Adab-adab Berjalan dalam Islam

Adab-adab Berjalan dalam Islam

Kajian Islam ilmiah oleh: Ustadz Sulhan Jauhari, Lc. (hafidzohulloh)

Radio Islami Suara Al-Iman 900 AM Surabaya. Kajian ini disampaikan secara live (langsung) dan berseri pada tanggal 20 Oktober 2010, kemudian dilanjutkan sekaligus diselesaikan pembahasannya pada 21 Oktober 2010. Anda dapat memutar secara langsung atau download ke komputer Anda. Pembahasan ini diambil dari Ensiklopedi Adab-adab Islam, dan kali ini mengenai adab-adab berjalan (dalam Islam).

Ketahuilah kaum muslimin yang dirahmati Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana yang kita ketahui, manusia memiliki keadaan dan kondisi yang berbeda-beda. Kita dapati kita terkadang tidur, kita dapati pula terkadang duduk, atau mungin terkadang berdiri, demikian pula terkadang manusia berjalan, bahkan betapa banyaknya dan betapa seringnya kita berjalan sehari-hari. Tentu semua itu adalah kondisi seorang muslim yang tentunya dia harus berusaha mempelajari adab-adab yang ada di dalamnya.

Hal berjalan, sebagaimana kita ketahui, adalah hal yang tidak bisa lepas dari kita semua. Betapa sering kita keluar untuk mencari kebutuhan untuk bekerja, untuk sekolah, atau yang lainnya. Semuanya tentunya tidak lepas dari yang namanya berjalan. Dan di antara kesempurnaan agama Islam, di antara hal yang menunjukkan bahwa agama Islam telah sempurna, ternyata Alloh Subhanahu wa Ta’ala, demikian pula Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan beberapa adab yang berkaitan dengan berjalan. Ini tentunya demi kemaslahatan kita semua, demi kebaikan hamba-hambaNya, dan tidak memberatkan bagi mereka, agar berjalan mereka diridloi oleh Alloh Subhahu wa Ta’ala, agar jalan mereka dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik, maka tentunya hendaknya seorang muslim memperhatikan beberapa adab yang akan dijelaskan satu-persatu pada kajian ini.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Links:louboutin uk saleabercrombie pas chernike free pas chernike free pas chernike free pas chernike free pas chernike free pas chernike air max pas chernike air max pas chernike air max pas chernike air max pas chernike air max pas cherRalph Lauren Pas Chernike free run 2
Scroll To Top