Ceramah Pendek: Mungkin Hati Kita sedang Sakit - Ustadz Iskandar Bahar, Lc


5 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Ceramah Pendek: Mungkin Hati Kita sedang Sakit - Ustadz Iskandar Bahar, Lc

Jika kita mengalami kegundahgulanaan, diliputi kecemasan, padahal dunia ada digenggaman kita, mungkin kita telah terlalu jauh meninggalkan Al-quran. 

Membaca dan mentadaburi Al-Quran adalah nutrisi dan asupan gizi bagi jiwa. Apabila kita membaca Al-Quran kita tidak menemukan ketentraman dan ketenangan, sebaliknya anda bisa berlama-lama menupdate berita dan informasi dan mampu tidak mengedipkan mata dari media sosial anda. Maka ketahuilah bahwa hati kita sedang sakit, hati kita perlu dibersihkan . Karena kenikmatan dan ketenangan dengan membaca Al-Quran hanya bisa dirasakan oleh hati yang suci dan bersih.

Bukankah ketika badan kita sakit, kita tidak dapat merasakan nikmatnya makanan dan minuman kita santap, kendati makanan dan minuman tersebut sangat lezat. 

Sahabat Utsman bin Affan -radhiyallahu'anhu- mengatakan, "Seandainya hati kita bersih, maka kita tidak akan kenyang dengan Al-Quran", kalau hati kita bersih kita akan betah berlama-lama dan ketagihan untuk membaca dan mentadaburi Al-Quran.

Nabi shallallahu'alaihi wa sallam mengajarkan sebuah doa, 

اَللَّهُمَّ نَحْنُ عَبِيْدُكَ بَنُوْ عَبِيْدِكَ بَنُوْ إِمَائِكَ نَوَاصِيْنَا بِيَدِكَ مَاضٍ فِيْنَا حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيْنَا قَضَاؤُكَ نَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ الْعَظِيْمَ رَبِيْعَ قُلُوْبِنَا وَنُوْرَ صُدُوْرِنَا وَجَلاَءَ أَحْزَانِنَا وَذَهَابَ هُمُوْمِنِا وَغُمُوْمِنَا النبيين والصديقين والشهداء والصالحين برحمتك يا أرحم الراحمين

Ya Allah, kami adalah hamba-hamba-Mu, anak dari hamba-hamba-Mu laki-laki dan perempuan, ubun-ubun kami berada dalam tangan-Mu, telah berlaku atas kami hukum-Mu, adil pasti atas kami keputusan-Mu, kami memohon kepada-Mu dengan menggunakan semua nama yang menjadi milik-Mu dan Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau nama yang Engkau turunkan dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah satu diantara hamba-Mu, atau dengan nama yang Engkau simpan dalam rahasia ghaib di sisi-Mu, jadikanlah Al-Qur’an yang agung ini taman bunga sepanjang musim di hati kami, jadikan ia cahaya di dada-dada kami, pelipur lara dan penghapus gundah gulana kami.

Maka hendaklah kita membiasakan membaca doa tersebut, terlebih jika kita merasakan ketika kita tidak bisa berlama-lama dalam membaca Al-Quran dan berlama-lama dengannya.

Simak dan Ikuti Program Acara, "Ngaji Bareng Al-Iman" bersama Ustadz Iskandar Bahar, Lc, setiap hari Rabu Pukul 20.00-21.30 hanya di Radio Suara Al-Iman 846 AM.


JANGAN LUPA DISIMAK & DI SHARE YA!
Simak audio streamingnya di : http://www.suaraaliman.com/streaming
Simak video streamingnya di : http://suaraaliman.com/video-streaming
Facebook : fb.com/radiosuaraaliman
Twitter: twitter.com/suaraaliman
WA : +628 777 0000 846
====================
Radio Suara Al-Iman 846 AM dipancarkan dari Gedung Sekolah Tinggi Ali bin Abi Thalib Surabaya yang beralamatkan :
Jl. Sidotopo Kidul no 51, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
------------------------------­­­­------­---------------------­-­-­-­------------­---
Sampaikan donasi anda untuk pengembangan dakwah Islam melalui Radio Suara Al-Iman 846 AM Surabaya, dengan menginfakkan sebagian harta anda ke rekening berikut:
Rekening BCA KCP Kapas Krampung
no : 1010725760
a.n. : Maryono
Konfirmasikan donasi anda ke no SMS Center Radio Suara Al-Iman 846 AM Surabaya melalui 
SMS : 08 777 0000 846
Hotline : (031) 3710074

http://www.suaraaliman.com