Mengenal Agama Islam


10 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Kajian Islam ilmiah ini disampaikan oleh Ustadz Muhammad Sulhan Jauhari, Lc. (hafidzohullohu Ta'ala) pada 2 Mei 2011 di radio kesayangan kita, Radio Suara Al-Iman Surabaya, siaran tilawah Al-Qur'an Al-Karim dan kajian Islam ilmiah.

Kajian ini disarikan dari kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah, menginjak pada poin yang kedua dari tiga poin yang mendasar dalam Islam, yaitu "Mengenal Lebih Jauh tentang Agama Islam" (Ma'rifatu Dien al-Islam"). Penulis, Syaikh Muhammad bin Sulaiman At-tamimi, berkata bahwa adapun poin kedua dari tiga poin yang mendasar dari agama Islam, yaitu mengenal agama Islam lengkap dengan dalil-dalilnya, karena untuk mempelajari ajaran Islam diperlukan penjelasan tentang agama Islam, yang kemudian disebut dengan dalil, baik itu dalil dari Al-Qur'an dan As-Sunnah (hadits Rosulullohu shollallohu 'alaihi wa sallam).

Seseorang tentunya tidak diperbolehkan melakukan taklid buta kepada seseorang yang bukan hujjah ucapannya, yakni dalam hal agama hanya "mengikuti dan mengikuti" tanpa memperhatikan benar atau salahnya, maka hal tersebut tidak diperbolehkan. Maka dari itu, kewajiban setiap muslim, yakni kewajiban kita semuanya, untuk mengetahui ajaran Islam lengkap dengan dalil-dalilnya, baik dari Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Simak lebih lanjut kajian berikut. Anda dapat play langsung maupun download file MP3-nya.