Meruqyah Diri Sendiri


4 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Ketika kita sakit, maka harus kita yakini bahwa yang dapat memberikan penyakit dan kesembuhan hanyalah Allah subhanahu wa ta'ala. 

Oleh karena itu di antara bentuk usaha yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah meruqyah diri sendiri dengan berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari penyakit sebagaimana yang disebutkan dalam hadits :

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ الثَّقَفِيِّ، أَنَّهُ شَكَا إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَعًا يَجِدُهُ فِي جَسَدِهِ مُنْذُ أَسْلَمَ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِي تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ، وَقُلْ بِاسْمِ اللهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ" 

Dari Utsman bin Abil 'Ash ats-Tsaqofy, bahwasanya dia mengeluhkan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam rasa sakit yang dia rasakan di tubuhnya semenjak dia masuk Islam. 

Maka Rasulullah berkata kepadanya: letakkanlah tanganmu di atas bagian tubuhmu yang terasa sakit, lalu ucapkan : bismillah 3x, setelah itu ucapkan 7x : a'uudzu bi 'izzatillahi wa qudrotih, min syarri maa ajidu wa uhaadziru (aku berlindung dengan kemuliaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari penyakit yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan).

[HR. Muslim, tambahan bi izzatillah milik abu Daud]. 

Demikianlah cara mengobati diri sendiri ketika terkena penyakit, mudah-mudahan Allah menyembuhkan orang-orang yang sakit di antara kaum muslimin.. Aamiin... 


✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc حفظه الله تعالى