Pembagian Manusia Berkaitan dengan Hukum-hukum Romadhon


10 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc. MHI (hafidzohulloh) ini merupakan pembahasan dari kitab Riyadhush Sholihin, dan kajian kali ini membahas mengenai bab yang berkaitan dengan bulan suci Romadhon sekarang ini, yaitu Pembagian Manusia Berkaitan dengan Hukum-hukum Romadhon. Kajian ini disampaikan secara langsung di Radio Suara Al-Iman Surabaya pada 2 Agustus 2011 atau 2 Romadhon 1432 H. Anda dapat download file MP3-nya atau play langsung play di sini.

Alhamdulillah, kita berada di bulan Romadhon, bulan yang merupakan kesempatan untuk kita untuk meningkatkan amal-ibadah kita, dan yang paling utama adalah puasa yang diwajibkan oleh Alloh Subhanahu Wa Ta'ala kepada umat ini dan menjadikannya sebagai salah satu di antara rukun-rukun Islam, yaitu puasa di bulan Romadhon.

Di dalam Surat Al-Baqoroh, ayat 183, sebagaimana kita sering mendengar dalam berbagai macam kesempatan, terutama di bulan Romadhon, ayat ini sering dibawakan oleh para penceramah, yaitu firman Alloh:

١٨٣. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

Jadi ayat tersebut sebagai suatu hal yang dengannya Alloh mewajibkan umat ini berpuasa. Demikian pula firmanNya pada ayat 185 (Surat Al-Baqoroh), yaitu firmanNya:

فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

"... Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, ..."

Selanjutnya bisa disimak langsung atau download MP3-nya!

Radio Islami Suara Al-Iman, radio syi'ar dan dakwah Islam, Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, siaran tilawah Al-Qur'an Al-Karim dan kajian Islam ilmiah yang dapat dinikmati via frekuensi radio AM di Jawa Timur dan sekitarnya, radio streaming melalui situs ini, Blackberry, iPhone, dan Android.