Yang Banyak Dilupakan Dalam Proses Pendidikan Anak Islam


4 tahun lalu oleh Radio Suara Al-Iman / 0 komentar

Di zaman modern ini, masa kanak-kanak bermain-main di luar sangatlah baik untuk menunjang proses bersosialisasi dalam pergaulan mereka karena zaman yang serba gadget jangan sampai mengungkung kehidupan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Namun berapa banyak anak-anak muslim yang mereka masih asyik main diluar, gelak tawa polos mereka, senda gurau seru mereka, permainan - permainan mereka terus berlanjut meski senja sudah mulai muncul, meski adzan maghrib sudah mulai berkumandang. Entah mereka terlalu asyik hingga lalai, atau orang tua mereka yang tidak tau, atau juga ortu mereka sedang sibuk.

Satu hal yang mungkin telah mulai dilupakan dalam pendidikan islami kita, yaitu menahan anak-anak kita tatkala senja mulai menyapa.

Melarang anak-anak bermain di luar tatkala senja mulai menyapa, mungkin sebagian dari kita telah menganggap bahwa itu sebuah "mitos". 

Dalam sebuah hadits disebutkan;

«إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإنَّ الشيطَانَ يَنْتَشـر حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّهِ، فَإنَّ الشيطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَاباً مُغْلَقاً»

"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup.
[HR. Al-Bukhari dan Muslim]. 

Dalam riwayat Muslim;

«لاَ تُرْسِلُوا فَوَاشـيكُمْ، وَصِبْيَانَكُمْ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ، حَتَّى تَذهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ، فَإِنَّ الشـياطِينَ تَنْبَعِثُ إِذَا غَابَتِ الشَّمْسُ حَتَّى تَذْهَبَ فَحْمَةُ الْعِشَاءِ»

“Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal isya.” [HR. Muslim] .

Imam Nawawi mengatakan, “Maksud ‘tahanlah anak-anak kalian’ adalah larang mereka agar tidak keluar pada waktu itu.”

Setan bertebaran pada waktu itu, Islam mengajarkan agar kita menahan anak-anak kita, ini bukan sebuah mitos atau yang lain. Ini adalah salah satu dari metode pendidikan anak dalam Islam 

Jika senja mulai menjelang, ajak anak-anak kita masuk ke dalam rumah, tahan mereka agar tidak keluar merupakan bentuk menjaga mereka dari gangguan setan. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup, agar rumah dan keluarga kita terhindar dari gangguan setan.

Semoga bisa menjadi perhatian kita para orangtua dalam proses mendidik anak-anak kita. Wallahu'alam

Sabtu menjelang maghrib tgl 24 Jumadal Akhir 1437 H.

✏ Akhukum Fillah: Maryono, M.Pd.I حفظه الله تعالى